Home / OPINI / Acara Siberkreasi “Creator Generation” Buktikan Kreatifitas Para Kreator Palembang

Acara Siberkreasi “Creator Generation” Buktikan Kreatifitas Para Kreator Palembang

VOSMedia, PALEMBANG – Siberkreasi berkolaborasi dengan Kitogalo.com menggelar event Workshop “Creator Generation” Goes to Palembang, yang digelar pada hari Sabtu, 2 November 2019.

Kegiatan yang dihelat di Roca Coffee & Resto Palembang di Jalan Demang Lebar Daun Palembang ini diikuti oleh 75 orang peserta yang lolos seleksi.

Puluhan peserta yang terpilih berasal dari para kreator media sosial lokal, mulai dari influencer dan selebgram Instagram hingga Youtubers.

Sebagai pihak penyelenggara, Pemimpin Redaksi Kitogalo.com Muna Su’ud, mengatakan ada sekitar 650 orang yang mendaftar untuk ikut dalam kegiatan ini.

“Antusias para kreator di Sumsel luar biasa untuk mengikuti event ini, bahkan banyak yang dari luar Kota Palembang seperti Muara Enim dan Indralaya,” kata dia, Minggu, 3 November 2019.

Para peserta Workshop ‘Creator Generation Palembang’ juga tak kalah antusiasnya. Banyak di antara mereka yang fokus mendengarkan materi dari para narasumber.

“Peserta kegiatan ini berasal dari berbagai kalangan milenial, mulai dari mahasiswa, jurnalis, pegawai swasta, entrepreneur dan lainnya,” ujarnya.

Di sesi pertama, workshop di isi dengan pemaparan materi Creator Generation dari tiga narasumber, yaitu Kreator Nongkrong Siberkreasi dari Jakarta Justin Sabrinsky, influencer lokal sekaligus presenter TVRI Palembang Desya Rahayu dan Andry, pemilik akun instagram @palembangup.co.

Justin Sibrinsky mengisi tema workshop dengan Content Positive, Desya Rahayu dengan tema tips menggunakan media sosial dan Andre dengan tema Bijak Dalam Media Sosial.

“Saya mulai akun Instagram sejak 2011. Tapi baru memiliki banyak followers sejak terpilih sebagai pemenang Bujang-Gadis Palembang (BGP) sekitar 2015,” kata Desya, pemilik akun @dsyrhy yang memiliki followers sebanyak 30.5 ribu ini.

Interaksi tanya jawab dari peserta ke narasumber pun, semakin meningkatkan semangat para peserta untuk menggali informasi dan pengalaman.

Pada sesi kedua, para peserta dibagi menjadi lima kelompok. Mereka ditugaskan untuk membuat sebuah konten kreatif dalam bentuk video dan foto bercerita.

Ada lima tema yang bisa dipilih yaitu: Seputar Sumsel, Anti Hoax, Kabut Asap, Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan.

Para peserta diberi waktu sekitar 2 jam untuk membuat konten kreatif tersebut. Mereka menuangkan idenya dalam banyak cerita yang dirangkum.

Dari lima kelompok, para juri akhirnya memilih Kelompok 3 sebagai Juara 1 yang mengangkat tema video Anti Hoax dan Kabut Asap.

Di sela kegiatan, Kitogalo.com dan Siberkreasi mengadakan kontes Photo Booth Terbaik, Snapgram Terbaik dan Peserta dengan Jarak Tempuh Terjauh.

Peserta berbondong-bondong mengkreasikan gaya terbaiknya untuk memenangkan kontes ini.

Dari kompetisi kelompok ini, panitia akhirnya memilih Kelompok 3 sebagai Juara 1 dengan tema ‘Stop Hoax Now’, Juara 2 diraih oleh Kelompok 4 dengan tema ‘Ngirup Asap Dak Selemak Ngirup Cuko’. Lalu Juara 3 diraih oleh Kelompok 1 dengan tema ‘Biarkan Kamj Bernafas Lega Tanpamu’.

Sedangkan Juara 4 diraih oleh Kelompok 5 dengan tema ‘Sumpah Pemuda’ dan Juara 5 diduduki oleh Kelompok 2 dengan tema ‘Anti Hoax’.

Kepala Staf Sekretariat Siberkreasi Ivana Maida mengatakan, para kreator Palembang sangat kreatif membuat konten-konten yang dikemas dengan baik.

“Konten-konten yg dibuat para milenial dan creator Palembang bagus dan keren-keren,” ungkapnya.

Di akhir acara, para peserta berfoto bersama dengan panitia dan kompak meneriakkan slogan ‘Saya Netizen Asyik Indonesia’.

Acara yang berkolaborasi dengan Siberkreasi Kominfo RI ini, rencananya akan kembali digelar dengan tema yang berbeda.(*)

About redaktur

Check Also

Golkar Mura Gelar Refleksi Akhir Tahun

VOSMedia, LUBUKLINGGAU – DPD Partai Golkar Kabupaten Musi Rawas (Mura), menggelar kegiatan refleksi akhir tahun …