Home / Ekonomi / Begini Jurus Pemkot Palembang Percepat Pembangunan

Begini Jurus Pemkot Palembang Percepat Pembangunan

VOSMedia,PALEMBANG – Sebagaimana telah diketahui Kota Palembang terus bergerak maju dan berkembang melakukan berbagai pembangunan diberbagai sektor,  pada infrastruktur perkotaan dan destinasi wisata di Kota Palembang, namun dalam upaya pembangunan tersebut sangat diharapkan peran serta seluruh stakeholder di kota Palembang, dalam membangun kota Palembang.

Hal itu disampaikan, Asisten III Kota Palembang, Agus Kelana, dalam Rapat Koordinasi Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan
(TJSL)/CSRKotaPalembang, dengan tema peran forum TJSL /CSR Perusahaan kota Palembang dalam mendukung percepatan pembangunan menuju Palembang emas Darussalam 2023, di Excelton Hotel.

“Hal ini merupakan implementasi dari Peraturan Daerah  kota Palembang no 2 tahun 2017 tentang penyelenggaraan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan,” ujarnya, Selasa (26/3/19).

Karena pembangunan kota Palembang tidak hanya menggunakan sumber dana APBD Palembang belaka, melainkan juga di tunjang oleh APBN, APBD Provinsi Sumsel, selain itu juga dibantu oleh dana bantuan CSR baik itu BUMN, BUMD , swasta dan lainnya.Kota Palembang juga telah mempunyai forum tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan sebagai wadah koordinasi dalam pelaksanaan program dan kegiatan tanggung jawab sosial, lingkungan perusahaan di kota Palembang.

Melalui forum ini diharapkan adanya peran aktif dari pihak perusahaan untuk bersama berpartisipasi dalam membangun kota Palembang, karena pembangunan kota Palembang tidak hanya menggunakan sumber dana APBD belaka, melainkan juga di tunjang APBN , APBD Provinsi Sumsel, selain itu juga dibantu oleh dana bantuan CSR baik itu BUMN, BUMD , swasta dan lainnya.

Wujud bantuan di kota Palembang yang telah kita saksikan, dikatakan Agus, seperti adanya pembangunan Tugu Belido yang dibantu PTBA, pembangunan Skate Park oleh PDAM Tirta Musi, Pembangunan taman Ampera skate Park oleh Bank Sumsel Babel dan lainnya.

Berkaitan dengan apa yang telah dilakukan selama ini antara pihak Pemkot Palembang dan pihak swasta, ataupun perusahaan agar terus dapat bersinergi dan dapat ditingkatkan lagi dimasa yang akan datang, tentunya dalam mewujudkan visi kota Palembang emas Darussalam 2023.

“Saya harapkan peran TJSL /CSR kota Palembang mampu memperkuat harmonisasi dan sinkronisasi  antara perusahaan, masyarakat dan lingkungan pemerintah kota Palembang dalam membantu mempercepat pembangunan di kota Palembang,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bapedda Litbang Kota Palembang, Harry Hadi MS, dalam sambutannya, mengatakan bahwa program dan rancangan pembangunan yang tidak tertampung dalam Musrenbang 2020  kota Palembang , merupakan Pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pemerintah kota Palembang dan tentunya perlu ada sinergitas bersama seluruh stakeholder di kota Palembang dalam mencapai Visi Palembang emas Darussalam 2023.

“Tujuan rapat ini adalah mengkaji, merumuskan dan membahas permasalahan yang berkaitan dengan forum tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan,” ungkapnya.

Selain itu, diharapkan juga dalam rapat ini, dikatakannya, bisa terselenggaranya tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan yang ada di kota Palembang dalam hal ini BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta, Rumah Sakit dan sebagainya, untuk mendukung pembangunan di kota Palembang.

Harry mengatakan bahwa selain  potensi pariwisata kota Palembang  yang sudah sedemikian baik, tentu sarana dan prasarana sangat diharapkan Pemkot Palembang, mendapatkan sumbangan pemikiran  maupun sumbangan dana dari seluruh stakeholder untuk melengkapi sinergi perencanaan dan penganggaran yang telah direncanakan diMusrenbang kemarin.

“Kami sangat berharap pada para stakeholder khususnya BUMN, BUMD , Perbankan, Rumah Sakit dan sebagainya untuk saling mengisi kekosongan kekurangannya dari pembiayaan ini,” terangnya.(fly)

About redaktur

Check Also

Hulu Perkopian Sumatra Selatan

VOSMedia,PALEMBANG – Sumatera Selatan akan menggelar Musi Coffee Culture pada tanggal 5 dan 6 April …