Home / SOSIAL / BMKG Sumsel Gelar Sosialisasi Argoklimat

BMKG Sumsel Gelar Sosialisasi Argoklimat

VOSMedia, PALEMBANG – Sebagaimana diketahui Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) secara rutin menyiapkan informasi iklim. diantaranya Analisis dan Prakiraan Hujan Bulanan, Prakiraan Musim Hujan/Musim Kemarau. Ketersediaan Air Tanah Bulanan, serta Tingkat Kekeringan Bulanan, informasi itu memuat berbagai batasan kriteria, terminologi, serta istilah teknis yang perlu dipahami olah para pengguna sehingga pemanfaatannya lebih optimal, sehingga peningkatan pemahaman informasi iklim dapat dilakukan dengan kegiatan Sosialiasi Argoklimat.

Hal itu disampaikan, oleh Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Sumsel Nuga Putrantijo, saat sosialisasi Argoklimat Provinsi Sumsel 2019 dengan Tema Pemanfaatan Informasi Iklim Guna Meningkatkan Hasil Pertanian Sumsel 2019, di Airish Hotel Palembang, Selasa (10/9/19).

“Karena informasi kita itu terkadang susah diterjemahkan sehingga terkadang masyarakat sedikit tidak paham apa yang dimaksud dari informasi tersebut, “ungkapnya.

“Maka melalui kesempatan ini kita bisa duduk bersama dan menjelaskan apa sih fenomena iklim itu sebenarnya ,” lanjut Nuga.

Kalau mendasar pada tema sosialisasi ini, dikatakan Nuga pertanian di Indonesia faktor utama yang berpengaruh adalah masalah curah hujan, dengan mengetahui kondisi iklim di wilayahnya tentu para petani bisa merencanakan apa yang mesti dilakukan dan di dampingi oleh para penyuluh.

“Makanya penyuluh kita undang, supaya bisa kita sama-sama menjembatani itu,” jelasnya.

Kalau kita tinjau dari hasil komoditasnya, Lanjut Nuga di Tanjung Lago itu adalah sentra jagung di Sumsel, daerah itu pernah kita lakukan Sekolah Lapang Iklim Tahap III, yakni pengolahan tanah sampai panen kita bersama – sama dengan petani mendampingi dengan penyuluh dilapangan.

“Kami harap, akan terjadinya peningkatan pemahaman petani terhadap informasi iklim serta dampaknya pada kegiatan pertanian, sehingga mereka dapat menentukan sikap serta mengambil keputusan yang tepat sebagai upaya adaptasi terhadap variabelitas iklim,” tutupnya.(fly)

About redaktur

Check Also

Wabup Kembali Ambil Formulir Ke DPD PAN Muratara

VOSMedia, MURATARA, Baru kemarin Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Muratara, H Devi Suhartoni, mengambil formulir ke …