Home / PALEMBANG / Dahulu Dua Demang Pimpin Ulu Dan Ilir Palembang
Foto Istimewa

Dahulu Dua Demang Pimpin Ulu Dan Ilir Palembang

VOSMedia, PALEMBANG – Melirik dari sisi sejarah Kota Palembang pada masa lalu memang terbagi menjadi dua bagian yakni kawasan Seberang Ulu dan Seberang Ilir.

Hal itu dikatakan, Sejarawan Palembang, Rd Muhammad Ikhsan, saat ditanyai tentang wacana pembentukan Kabupaten Palembang Ulu setalah di deklarasikan senin (10/6/19) kemarin.

“Semenjak Zaman Gementee, dikatakan Ikhsan, Palembang terdiri dari seberang Ilir dan seberang ulu, dan merupakan dua wilayah yang dipimpin oleh masing – masing seorang Demang,” ujarnya, Selasa (11/6/19).

“Zaman gementee itu dilafalke wong Pelembang “haminte” atau kotapraja,”lanjutnya.

Ikhsan kembali menjelaskan, Tentang kawasan seberang ulu dari kota Palembang ini telah ditulisnya didalam buku “Seberang Ulu Tempo Doeloe” dan lebih kepada semata – mata untuk mengangkat perspektif historis nya saja tidak lebih dari itu.

Menyikapi tentang wacana akan terbentuknya Kabupaten Palembang Ulu yang merupakan pemekaran dari Kota Palembang, Ikhsan mengatakan bahwa untuk menjadi kabupaten baru tentunya yang harus diperhatikan pertama kali adalah kesesuaiannya dengan peraturan perundang-undangan.

“Selain itu wacana pembentukan kabupaten harus benar – benar dikaji secara mendalam dari berbagai aspek,”tutupnya.(fly)

About redaktur

Check Also

Pompanisasi Sungai Bendung Selesai Oktober

VOSMedia,PALEMBANG – Proyek pompanisasi Sungai Bendung di Jalan Ali Gathmir, Kelurahan 10 Ilir ditargetkan rampung …