Home / PALEMBANG / Di Sungki 107 Rumah Hangus

Di Sungki 107 Rumah Hangus

VOSMedia, PALEMBANG – Kebakaran hebat kembali terjadi di Palembang, kini sasarannya adalah Gang Santai, Kelurahan Ogan Baru, Kecamatan Kertapati, Palembang. Api dengan cepatnya melalap sedikitnya 107 rumah yang ada di pemukiman padat penduduk tersebut.

Merasa panik, banyak warga yang langsung menyelamatkan diri dan beberapa barang berharga mereka. Update per Pukul 17.00 sore tadi sedikitnya 131 KK atau 532 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Kebakaran yang terjadi di Jl. KI Kemas Rindo ini diketahui warga sekitar pukul 09.00 pagi tadi, Selasa (10/7). Penyebabnya disiniyalir dari meledaknya kompor gas dari salah satu rumah warga. Alhamdulillah sekitar Pukul. 13.00 api bisa dipadamkan oleh tim Dinas Pemadam kebakaran.

Tim Emergency Response ACT Sumsel sendiri sudah ada di lokasi untuk membantu evakuasi para korban dan harta bendanya sejak siang tadi.

Diwa, salah satu staff yang semenjak siang sudah di lokasi mengatakan kebakaran tersebut menyasar 4 RT sekaligus.
“Kejadiannya begitu cepat. Lokasi kebakaran kira-kira 100 meter dari jalan akses utamanya. Lokasi agak ke dalam,” imbuhnya.

Ia juga mengungkapkan, sejauh ini belum tersedia dapur umum dan tenda pengungsian di lokasi kejadian. “Pemadaman juga baru selesai. Meski begitu, hari ini juga kita dirikan posko utama bantuan ACT di RT 26.” ujar Diwa.


Ardiansyah, Branch Manager ACT Sumsel mengatakan, tim Emergency Response ACT mulai hari ini akan membuka posko bantuan di lokasi guna membantu meringankan bantuan untuk penyintas kebakaran di empat RT Kelurahan Ogan Baru Kertapati Palembang ini. “Bantuan seperti makanan langsung, pakaian, selimut, handuk, sendal, diapers, pembalut wanita sangat dibutuhkan oleh warga saat ini.” Ujar Ardi.

“Tim relawan ACT sudah ada di lokasi melakukan proses evakuasi dan segera penyaluran makanan siap saji sore ini. Kami sambil membawa sejumlah kebutuhan emergency untuk para korban hingga insya Allah sampai sepekan ke depan,” imbuhnya.

Saat ini para korban masih membutuhkan kebutuhan logistik. Mereka di antaranya makanan ringan cepat saji, bahan pangan pokok (beras, minyak, telur, dan sebagainya), perlengkapan sekolah, pakaian dalam, perlengkapan shalat, air bersih, pakaian layak pakai, popok bayi, pembalut, obat-obatan, dan makanan bayi.

Bantuan langsung bisa diantar ke lokasi terdampak bencana di posko Aksi Cepat Tanggap atau bisa melalui transfer ke rekening :
BNI Syariah: # 66 0000 5505
Mandiri: # 127 000 781 6612
Kode transfer: 700. Misal Rp. 1.000. 700
Atas Nama Yayasan Aksi Cepat Tanggap.

Untuk informasi update terkini bisa menghubungi call center ACT Sumsel di 0813 6900 7979

About redaktur

Check Also

AMSI TERIMA KUNJUNGAN 12 PERWIRA SESPIMTI POLRI

VOSMedia, JAKARTA, – Sebanyak dua belas perwira menengah polri dan TNI yang tengah menjalani pendidikan …