Home / PALEMBANG / DKP Upayakan Pelestarian Sastra Tutur Palembang Jadi Program Kerja Utama
Ketua Dewan Kesenian Palembang (DKP) Iqbal Rudianto

DKP Upayakan Pelestarian Sastra Tutur Palembang Jadi Program Kerja Utama

VOSMedia, PALEMBANG – Generasi muda ada baiknya lebih mengenal kembali warisan budaya daerahnya, karena apabila dilihat dan dikaji lebih mendalam, warisan budaya yang ditinggalkan oleh pendahulu kita banyak sekali nasehat dan petuah untuk tuntunan hidup.

Hal itu diungkapkan, Ketua Dewan Kesenian Palembang (DKP) Iqbal Rudianto, saat menghadiri Festival Budaya Melayu Sumsel dan Pergelaran seni tradisi, bertema Sastra Tutur Dalam Tradisi Masyarakat Sumsel, di Ballroom Rumah Limas Jalan Demang Lebar Daun Palembang, selasa (19/11/19).

“Kami mengapresiasi kegiatan ini, kesenian sastra tutur ini membuat diri kita bangga semestinya, karena betapa orang – orang terdahulu telah mewariskan adat yang santun dan penyampaian petuah bijak lewat nada yang tertata rapi,” ungkap pria yang akrab di sapa Didit ini.

Keberagamaan kebudayaan, dikatakan Didit, merupakan peninggalan dari pendahulu kita, dan itu seperti harta karun untuk kita, harus ada upaya untuk melestarikannya dan mempromosikannya, mudah – mudahan dengan adanya kegiatan seperti ini, sastra Tutur bisa menjadi aset dan sumber untuk berkembangnya dari sebuah kota atau kabupaten yang ada di Sumsel.

“DKP dalam upaya pelestarian budaya akan bersinergi dengan Pemerintah Kota Palembang, kedepan kita akan membuat kegiatan serupa, cuma untuk wilayah ini akan kita pikirkan konsepnya seperti apa, dan akan kita jadikan program utama di DKP nantinya,” tutup Didit. (fly)

About redaktur

Check Also

Pogram Lanjutan Kelurahan 2 Ilir Palembang

VOSMedia,PALEMBANG- Terima kasih kepada semua rekan-rekan media yang sudah turut hadir mengikuti kegiatan rutin kita …