Home / SUMSEL / HDS : Ekosistem Sungai dan Lingkungan Baik Mensejahterakan Masyarakat

HDS : Ekosistem Sungai dan Lingkungan Baik Mensejahterakan Masyarakat

VOSMedia, MURATARA – Menjaga ekosistem sungai yang berkelanjutan menjadi perhatian khusus Wakil Bupati Musi Rawas Utara H.Devi Suhartoni (HDS).

Menurut HDS ada 3 hal penting yang dilakukan untuk mewujudkan sistem lingkungan yang berkelanjutan tersebut.Pertama, yaitu tidak melakukan sentrum ikan di seluruh wilayah Sungai Muratara, Kedua melakukan penanaman pohon di Daerah Aliran Sungai (DAS), dan yang ketiga menjaga keamanan lingkungan.

Dijelaskan HDS bahwa 3 hal tersebut sangat penting untuk sustainable society happines atau keberlangsungan kehidupan masyarakat yang berbahagia serta sustainable environtmental next generation atau lingkungan yang terjaga untuk generasi mendatang.

“Karena lingkungan hidup dan keamanan adalah dua hal yang tidak terpisahkan untuk kepentingan masyarakat banyak jangka panjang dengan menjaga ekosistem dan hayati dengan baik” Jelas Suami dari Rita Suryani ini, saat di wawancarai VOSMedia Minggu (30/6/19).

Dipaparkan HDS, kondisi Muratara baik saat ini maupun kedepan, para tetua dan generasi muda harus menjaga lingkungan hidup, karena baik saat ini maupun kedepannya exploitasi alam dimuratara akan terus berlangsung yaitu tambang dan kebun, namun semua harus terjaga dan diatur dengan baik untuk kepentingan yang besar serta anak cucu cucu keturunan Muratara.

Ditambahkanya kondisi sungai Muratara terus mengalami pendangkalan, kondisi tebing banyak terbis, kondisi ekosistem terancam. Dimana dimasa akan datang Sungai akan menjadi sumber ekonomi dan kehidupan yang vital dikarenakan perobahan iklim dan cuaca secara global terjadi pemanasan dan kedepan Manusia akan bermasalah dengan sumber air bersih dan keaslian ragam hayati dan ekosistem.

“Jika kita Keturunan Muratara tidak menjaganya artinya Kita tidak memikirkan keturunan kita Rupit-Rawas dimasa mendatang. Untuk itu Tetua dan Generasi Muda mari sama-sama kita menjaga lingkungan hidup dengan kebersihan, kerapian serta menanam pohon di pinggir sungai,” jelasnya.

Adapun pohon yang hidup, dikatakan HDS adalah Bengkal, Beringin, Keroya (jawi), bapak Kades, lurah dan camat bisa menjadi Katalisator atau penggerak dan contoh baik, sebab pohon yang tersebut banyak dan sangat mudah di semai.

“Sinergisitas antara masyarakat dan pemerintahan menjadi hal yang sangat penting maka dari itu kades, lurah dan Camat diminta untuk mencegah dan melakukan pembinaan kepada warganya yang suka nyentrum semoga hati mereka terpanggil untuk kebaikan ini,” tutupnya.

About redaktur

Check Also

OK Porsiba Tanjung Enim Pastikan Hadir Di Solo Keroncong Festival 2019

VOSMedia, PALEMBANG – Meski baru tiga tahun mendirikan Orkes keroncong (OK) Porsiba Tanjung Enim Sumatera …