Home / PALEMBANG / Hernoe : Idealnya Pilkada Terbebas Dari Politik Uang

Hernoe : Idealnya Pilkada Terbebas Dari Politik Uang

VOSMedia, PALEMBANG – Sekretaris Nahdlatul Ulama Sumatera Selatan Hernoe Roesprijadji Selasa (14/1) melaksanakan sidang terbuka di Ruangan Munaqosyah Program Studi Magister Hukum Tata Negara Fakultas Syariah Dan Hukum UIN Raden Fatah Palembang.

Dalam tesisnya, Mantan Cawawako Palembang ini mengambil judul Efektifitas Undang – Undang Nomor 10 Tahun 2016, Tentang Pemilihan Kepala Daerah dalam mencegah praktek politik uang.

Dihadapan ketua sidang yang diketuai oleh Dr Umar Said dan Dr Sekretaris Dr Sutrisno Hadi, Hernoe memaparkan tingginya faktor pemilih yang transaksional menjadi salah satu indikator penyebab tingginya politik uang di pemilihan umum 2018 di Palembang, sehingga menjadi kultur atau budaya di masyarakat.

“Penelitian yang saya gunakan yakni melalui pendekatan yuridis empiris dengan mensurvey 400 responden, dan sebanyak 35,8 persen warga Palembang tahu bahwa lingkungannya ditawari politik uang dan 90,3 persen diantaranya menerima,” ungkap Hernoe

Alasan inilah yang membuat Hernoe melakukan uji tesis penelitiannya, di hadapan penguji dan dengan harapan dari hasil tesis ini, bisa menjadi refrensi untuk mengubah UU tersebut menjadi lebih baik lagi.

“Saya sarankan dalam hasil tesis ini, agar  memperkecil celah politik uang dengan tidak memaklumi pemberian cinderamata dengan mengubah penjelasan pasal 73 ayat (1) yang digunakan calon/tim sebagai uang penghanti transport. Karena idealnya Pilkada ini terbebas dari politik uang sebagaimana tujuan dari demokrasi dan hadirnya UU Pilkada,” tutupnya. (Ril/fly)

About redaktur

Check Also

Harapkan Masyarakat Waspada Terhadap Pinjaman Berbasis Online

VOSMedia, PALEMBANG – Anggota DPR RI Komisi XI Fraksi Partai Nasdem, Fauzi H Amro MSi, …