Home / PALEMBANG / KPU Palembang Selesai Rekap Suara, Evaluasi PPK Jadi Catatan Khusus

KPU Palembang Selesai Rekap Suara, Evaluasi PPK Jadi Catatan Khusus

VOSMedia, PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara, Selasa (7/5/19) sore. Evaluasi kinerja Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menjadi catatan khusus.

Ketua KPU Palembang Eftiyani mengatakan, kedepan rekrutmen PPK akan diperketat, hal ini berkaitan dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam memahami kerja kepemiluan.

“Kita KPU tegak lurus dengan aturan yang ada, artinya yang benar kita katakan benar, yang salah ya salah. Kedepan, banyak hal yang akan kita lakukan, termasuk mengevaluasi PPK, mulai dari rekrutment, karena kita butuh orang-orang yang memahami tentang kepemiluan, tata tertib administrasi, tekhnis penyelenggaraan, dan lainnya,” ungkap Eftiyani.

Ia mengatakan, setelah rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota selesai, maka dilanjutkan dengan rekapitulasi di tingkat Provinsi Sumsel. Selanjutnya, setelah itu selesai dilakukan, dilanjutkan dengan penetapan secara nasional oleh KPU Pusat.

“Jadi, nanti secara nasional yang menetapkan perolehan suara itu, KPU Pusat, mulai dari penetapan perolehan suara Pilpres, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota hingga DPD RI,” terangnya.

Dengan penetapan dilakukan oleh KPU Pusat, maka jika ada partai politik peserta pemilu yang akan mengajukan gugatan, baik atas nama partai maupun Caleg yang diusungnya, semuanya dilayangkan ke KPU Pusat, dengan syarat gugatan bertanda tangan Ketua Umum dan Sekretaris DPP masing-masing partai.

“Setelah rekapitulasi di tingkat KPU selesai dilakukan, kita akan bersiap menghadapi gugatan, jika itu ada,” pungkasnya.

Sementara Komisioner KPU Palembang Divisi Hukum, Abdul Malik menambahkan, masa kerja anggota PPK akan berakhir di bulan Juni atau dua bulan setelah penyelenggaraan pemilu.

“Kedepan perlu SDM PPK yang baik, ini yang perlu kita pikirkan, karena kalu kita salah memilih produk, kasihan nanti komisioner yang akan meneruskan estafet kerja kita ini,” ujarnya(Fu)

About redaktur

Check Also

LKPJ Bupati Muratara Tahun angaran 2022, dan penandatanganan nota kesepahaman program pembentukan peraturan daerah tahun 2023

VOSMEDIA.CO.ID_MURATARA – Rapat Paripurna DPRD Muratara dalam rangka mendengarkan penyampaian rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ Bupati …