Home / PALEMBANG / MPLS SMPN 42 Palembang, Belum Wajibkan Siswa Pakai Seragam SMP

MPLS SMPN 42 Palembang, Belum Wajibkan Siswa Pakai Seragam SMP

VOSMedia, PALEMBANG – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah(MPLS) dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin dan mempererat tali persaudaraan.

Wakil Kesiswaan SMP Negeri 42  Palembang M.Yusuf.SPd mengatakan MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru dan  lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada.

“Har ini kita melaksanakan kegiatan MPLS siswa baru  yang  dimana diadakan uapacara dan penyerahan siswa  secara simbolis dari orang tua kesekolah yang diwakili salah satu orang  tua  yang  anaknya sekolah disini.Dan Masa MPLS 3 hari dari tanggal 15 sampai 17,setelah  itu siswa sekolah seperti biasa.Dimasa MPLS siswa belum diwajibkan pakaian SMP, karena tetap pakaian sekolah dari masing – masing,”ungkapnya,Senin(15/7/19).

Lebih lanjutkan dia menjelaskan setelah hari berikutnya pihaknya belum mewajibkan karena melihat dari orang tuanya kalau orang tuanya mampu silakan pakaian sekolah SMP, kalau masih belum punya, selama 1 semester kami beri kelonggaran.

“Kami pihak sekolah juga berpikir bahwa tidak semua orang tua itu mampu dan bisa.Untuk itu  kami  memberi kelonggaran, ini berjalan  sudah 3 tahun ke belakangan, sebelumnya kita beri surat, akan tetapi sekarang  tidak,”terangnya.

Dia menambahkan pihaknya memanggil anak-anak yang sudah tamat yang mampu untuk membantu dan dijelaskan pakaianya mau disedekahkan atau tidak ke adik-adiknya dan ada beberapa orang anak yang iklas memberikan pakaian ke calon siswa baru.

“Untuk jumlah sendiri yang ikut  MPLS ada 224 siswa,yaitu 114 Putri,dan 110 Putra,ini teridiri dari saringan,zonasi, berprestasi dan yang ikut tes.Jadi ini 7 romble,dan masing-masing1 rombel ada 32 orang .Harapan kami paling tidak anak-anak mengenal lingkungan sekolah sehingga pada saatnya belajar nanti anak2 tidak lagi bertanya,”pungkasnya.(putra)

About redaktur

Check Also

Lagi, ACT Sumsel Distribusikan Ratusan Ribu Liter Air Bersih Untuk Atasi Kekeringan

VOSMedia, PALEMBANG – Berdasarkan informasi yang diperoleh dari BMKG, musim kemarau tahun 2019 menyebabkan kekeringan …