Home / OPINI / Muratara Jadi Salah Satu Inovator Sumatera Selatan tahun 2022

Muratara Jadi Salah Satu Inovator Sumatera Selatan tahun 2022

VOSMEDIA.CO.ID_MURATARA – Gubernur Sumsel H Herman Deru katakan bahwa hal yang terpenting dalam sebuah inovasi adalah kebermanfaatannya. Hal tersebut diungkapkannya saat menghadiri Penganugerahan Inovator Sumatera Selatan Tahun 2022.

“Pemprov Sumsel memberikan piala dan piagam penghargaan kepada inovator baik perorangan atau kelembagaan. Ini penting karena dengan begitu diharapkan kita lebih siap menghadapi kemajuan zaman,” ujarnya. Kamis, (8/12/2022) Griya Agung,

Menurut HD, era digital seperti saat ini harus diimbangi dengan SDM yang inovatif, kreatif, dan dinamis agar daerah tidak tertinggal dari tantangan kemajuan zaman. Oleh sebab itu, Ia menekankan One Day One Innovation di Sumsel.

“Inovasi tidak harus besar-besaran. Tetapi mulailah dari apapun yang penting ada peningkatan kemanfaatan dalam efisiensi, penghematan, atau segala sesuatu yang lebih membaik dari sebelumnya. Dan juga terjaga originalitasnya,” jelas HD.

HD berharap apabila ada inovasi berupa material dapat diproduksi secara massal, dan jika berupa ide maka akan dibuat agar ada penularan pikiran yang bermanfaat untuk diimplementasikan kemudian melalui kerjasama dengan pihak-pihak tertentu.

Kepala Balitbangda Sumsel, Dr. Drs. Alamsyah, MPd., katakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjaring ide dan gagasan yang merupakam kreativitas masyarakat Sumsel demi kemajuan daerah untuk mewujudkan Sumsel Maju Untuk Sumua melalui inovasi.

Kegiatan ini dilaksanakan setelah seleksi melalui lomba inovator Sumsel. Diikuti total 688 peserta. Pemenang terdiri atas 17 kategori yang meliputi berbagai antara lain bidang pendidikan, perkebunan, pertanian, bumdes, kesehatan, koperasi, umkm, pengabdian masyarakat, pemerintahan, dan pengembangan keluarga.

Dalam kesempatan itu, Juara 1 mendapatkan hadiah Rp2.500.000., Juara 2, Rp. 2.000.000., dan Juara 3, Rp. 1.750.000.

Turut hadir Ketua TP PKK Sumsel, Hj Feby Herman Deru, Para Kepala OPD Sumsel.

Pada waktu yang sama, Ketua TP-PKK Kabupaten Musi Rawas Utara, Hj. Rita Suryani Suhartoni menerima penghargaan sebagai inovator Provinsi Sumatera Selatan tahun 2022 untuk kategori Ketua TP PKK Kabupaten/Kota Inovatif pada acara penganugerahan inovator Sumatera Selatan tahun 2022.

Dengan Inovasi memanfaatkan umbi gadung yang banyak tumbuh di Daerah Musi Rawas Utara, yang tadinya tidak bisa dikelola dan berbahaya karena mengandung racun, kini bisa menjadi tepung sebagai bahan dasar dalam pengolahan makanan dan mengandung gizi yang tinggi.

Pada kegiatan tersebut tampak Bupati Muratara Devi Suhartoni sejajar dengan Gubernur Sumsel Herman Deru saat pembukaan.

Selayaknya petinggi yang selalu mendukung inovatif, Bupati Devi Suhartoni selalu mengedepankan kemajuan Provinsi Sumatera Selatan Khususnya Kabupaten Musi Rawas Utara.

(*)

About admin

Check Also

PARIPURNA DPRD MURATARA, BUPATI SAMPAIKAN MANFAAT PEMBANGUNAN SUDAH DIRASAKAN MASYARAKAT

VOSMEDIA.CO.ID _ MURATARA – DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) melakukan Rapat Paripurna dalam rangka …