Home / PALEMBANG / Palembang Sudah Waktunya Miliki Institut Seni

Palembang Sudah Waktunya Miliki Institut Seni

VOSMedia, PALEMBANG – Catatan sejarah menjadikan Palembang merupakan kota tertua di Indonesia, dengan berkaca pada literatur sejarah itu tentunya Kota Palembang juga punya kisah panjang tentang warisan kebudayaan yang tak ternilai harganya.

Berpijak dari pemikiran tentang hal itu, Ketua Dewan Kesenian Palembang (DKP) Iqbal Rudianto mengatakan sudah sewajarnya kota Palembang mendirikan sebuah Institute Seni yang bisa mencetak sumber daya manusia unggul dan potensial bagi kemajuan kota Palembang dan tentunya sebagai wujud pelestarian kebudayaan Palembang juga.

“Dengan semakin berkembangnya teknologi dan dunia, seni dan industri kreatif semakin menjadikan instiut seni dirasakan penting keberadaannya untuk membantu pemerintah dalam menentukan identitas kota nya melalui kesenian, kebudayaan serta menggali semua potensi yang dimiliki,” ungkap didit panggilan akrab pria ini, usai pengukuhan DKP periode 2019 – 2024, di rumah Dinas Walikota Palembang, Jumat (20/12/19).

Sementara itu, Budayawan Sumsel DR. Erwan Suryanegara menjelaskan Institut Seni itu merupakan keharusan bahkan kebutuhan mendesak bagi Palembang, mengingat potensi SDM dan Kebudayaan yang ada di Palembang pun Sumatra Selatan sangat mendukung keberadaan Intitut seni itu.

“Sejarah peradaban tinggi yang panjang mulai dari Megalitik, Sriwijaya hingga Kesultanan Palembang Darussalam adalah potensi besar yang harus digali, dilestarkan, dan ditumbuh kembangkan agar manfaat untuk sekarang pun ke depan, maka butuh institut seni dan ilmu – ilmu humaniora, “jelas Erwan.

Ditempat yang berbeda, pengamat pendidikan Sumsel Solehun, M. Pd, mengatakan Ide pendirian Institut Kesenian Palembang (IKP) patut diapresiasi. Hal ini penting sebagai salah satu daya dorong untuk memajukan dunia seni di Bumi Sriwijaya, yang sejauh ini cenderung masih tertinggal dibandingkan dengan daerah lain.

Selain itu, lanjut Solehan pendirian IKP juga selaras dengan akar seni budaya yang dalam sejarahnya cukup kuat di Palembang dan Sumsel secara umum. Hal ini setidaknya terlihat dalam sejarah kebesaran Sriwijaya ataupun Kesultanan Palembang Darussalam.

“Hal lain kenapa penting, yakni adanya ironi dimana selama ini belum ada satu pun perguruan tinggi di provinsi ini yang memiliki konsentrasi khusus pada kesenian, baik dalam bentuk institute/universitas ataupun Fakultas (sastra),” tutupnya.(fly)

About redaktur

Check Also

Pogram Lanjutan Kelurahan 2 Ilir Palembang

VOSMedia,PALEMBANG- Terima kasih kepada semua rekan-rekan media yang sudah turut hadir mengikuti kegiatan rutin kita …