Home / OPINI / Pemkot Pagaralam Kaji Rencana Perubahan Kelurahan Menjadi Desa

Pemkot Pagaralam Kaji Rencana Perubahan Kelurahan Menjadi Desa

VOSMedia, PAGARALAM – Walikota Pagaralam Alpian Maskoni membuka langsung Lokakarya perubahan status Kelurahan menjadi Desa, di Aula Villa Hotel Gunung Gare, Kamis (2/5/2019). Kegiatan ini dihadiri anggota DPRD Pagar Alam, para Asisten, Kepala SKPD, Camat dan Lurah.

Lokakarya ini menghadirkan sejumlah narasumber antara lain, Direktorat Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa Kemendagri, Kabid Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa Provinsi Sumsel, Kabag Pemerintahan Setdako Lubuk Linggau, dan Dosen Universitas Sriwijaya.

Walikota Alpian Maskoni mengatakan, rencana Pemkot Pagar Alam untuk merubah status Kelurahan menjadi Desa, bertujuan untuk pemerataan pembangunan yang bermuara kepada kesejahteraan masyarakat Kota Pagar Alam, yang sebagian besar hidup di bidang pertanian.

Walikota berharap melalui Lokakarya ini, Pemkot Pagar Alam akan mendapat masukan dari para narasumber, sehingga rencana perubahan status Kelurahan menjadi Desa akan berproses menurut aturan yang berlaku, agar dapat segera direalisasikan.

Sementara, narasumber dari Direktorat Pemerataan dan Administrasi Pemerintah Desa Kemendagri Nana Wahyudi menjelaskan, rencana perubahan status Kelurahan menjadi Desa, merupakan pertama kali di Indonesia, setelah sebelumnya dilakukan juga oleh Kabupaten Badung Provinsi Bali.

Menurutnya, perubahan status bukan pembentukan baru, tapi mengembalikan penataan pemerintahan desa. Kendati prosesnya berbeda, namun rencana perubahan status Kelurahan menjadi Desa, tidak melanggar aturan yang berlaku.(*)

About redaktur

Check Also

Aksi Bagi Masker PWI Sumsel Peduli

VOSMedia, PALEMBANG – Semenjak rilis BMKG terkait kabut asap yang melanda beberapa daerah di Sumatera …