Home / Kesehatan / Penyakit Ini Menanti Anda Saat Terlalu Sering Begadang

Penyakit Ini Menanti Anda Saat Terlalu Sering Begadang

VOSMedia, PALEMBANG – Begadang, jangan begadang, kalau tiada artinya begadang boleh saja, kalau ada perlunya, sepertinya lagu Rhoma Irama yang terkenal ini ada benarnya juga, karena dengan kebiasaan begadang alias jam tidur yang tak kurang dari enam jam, bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit dalam tubuh kita, bahkan diprediksi bisa menyebabkan kematian dini.

Manusia secara normalnya harus tidur minimal delapan jam dalam sehari, karena disaat tidur otak akan melepaskan hormon dan senyawa yang membantu proses metabolisme dalam tubuh. Dampak dari itu bisa mengembalikan nafsu makan, mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh, meningkatkan daya ingat, memperbaiki mood, kebugaran yang meningkat, sampai meningkatkan energi dan fokus untuk beraktivitas keesokan harinya, bisa mengelola stres dan gejala gangguan kejiwaan, seperti gangguan depresi dan kecemasan.

Begadang bisa sebabkan Hipertensi

Dari sejumlah penelitian ditemukan bahwa tidur malam yang kurang dari 5 jam bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah, yang pada akhirnya dapat meningkatkan tekanan darah atau Hipertensi, penyebab munculnya penyakit stroke, serangan jantung, gagal jantung kronis.

Dinding pembuluh darah arteri mengeras

Kurang tidur juga dapat memicu terjadinya kekurangan magnesium, sehingga dapat menyebabkan pengerasan dinding pembuluh darah arteri (ateroskelosis), sehingga aliran darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi dari jantung menuju berbagai jaringan tubuh menjadi terganggu.

Pemicu Diabetes

Efek lain dari begadang juga tampak pada peningkatan kadar gula darah tubuh, dapat menyebabkan tubuh resisten terhadap insulin dan meningkatkan hormon stres kortisol sehingga tubuh tidak bisa menyerap sisa gula yang ada dalam darah, sehingga berakibat kadar gula dalam darah semakin meningkat dan bisa memicu diabetes.

Bikin tubuh gemuk

Keseringan begadang, bisa juga meningkatkan pelepasan hormon lapar ghrelin yang bisa membuat nafsu makan meningkat dan tidak heran kalau keseringan begadang bisa bikin tubuh gemuk dan memicu obesitas kedepannya.

Namun jika Anda ternyata diharuskan begadang lebih sering, ada baiknya anda melakukan beberapa pencegahan seperti perbanyak minum air putih, hindari makanan berminyak dan cepat saji, konsumsi vitamin serta biji nabati seperti kacang merah, berolah raga sore hari, usahakan mandi air hangat saat pagi hari dan yang lebih baik lagi hilangkan kebiasaan begadang anda.

About redaktur

Check Also

Sidak Pasar Plaju, Fitri Temukan Produk Mengandung Zat Berbahaya

VOSMedia, PALEMBANG – Sejumlah produk pangan yang mengandung zat berbahaya kembali ditemukan di Pasar Modern …