Home / PALEMBANG / Peran Mahasiswa Jaga Ketahanan Energi

Peran Mahasiswa Jaga Ketahanan Energi

VOSMedia, PALEMBANG – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Bidang  Pemberdayaan Sumber daya Alam ( PSDA). Adakan Forum Group Discussion (FGD) dengan tema “Peran Mahasiswa dalam Menjaga Ketahanan Energi dan Menemukan Potensi Energi Alternatif pada Sektor Batubara di Provinsi Sumatera Selatan”, di balai Diklat Provinsi Sumatera Selatan, Minggu (30/6/19).

Dalam kegiatan ini, di hadiri oleh tiga pemateri yang berbeda yaitu, Kepala Bidang Energi, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Ariansyah M.T. Kaprodi Magister Terapan Energi Terbarukan POLSRI, Dr.Ir. Rusdiana, Gioteknik PTBA, M. Dwiky Satrio Wicaksono. S.T

Kepala Bidang Energi, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral(ESDM) Sumsel ,Ariansyah, M.T. mengatakan pemerintah Sumsel bersama-sama pemangku kepentingan, dan Akademisi akan terus mendukung ketersediaan energi nasional.

“Pemerintah Sumatera Selatan Bersama-sama pemangku kepentingan, dan Akademisi akan terus mendukung ketersediaan energi nasional”, ungkapnya.

Lanjut Ariansyah kebijakan energi nasional, tentang pemanfaatan batu bara akan terus dilaksanakan dengan seefisien mungkin guna memperkuat ketahanan energi nasional serta mengurangi emisi nasional.

Disampaikan juga oleh Gioteknik PTBA, M. Dwiky Satrio Wicaksono. S.T, mengatakan bahwa PTBA yang bergerak dalam bidang batubara, akan berusaha keras untuk terus menopang kebutuhan energi nasional.

“PTBA yang bergerak dalam bidang batubara, akan berusaha keras untuk terus menopang kebutuhan energi nasional”, imbuhnya.

Sementara itu, dalam paparan Rusdiana Sari menjelaskan mengenai energi terbarukan adalah energi yang dapat di perbarui dan apabila di kelola dengan baik, maka sumber dayanya tidak pernah akan habis

“Meliputi, tenaga Air, Biomassa,surya, angin, panas bumi”, jelasnya.

Selain itu disampaikan juga oleh ketua Umum HMI Cabang Palembang Eko Hendiyono, berharap dengan adanya kegiatan FGD seperti ini, kalangan mahasiswa dapat mengetahui bahwasanya Sumatera Selatan ini, sangat kaya akan sumber daya alamnya.

“Saya harap mahasiswa bisa belajar bagaimana cara memanfaatkan kekayaan ini dengan baik dan benar”, tutupnya.(*)

About redaktur

Check Also

Statistik Sektoral Membangun Sumsel Satu Data

VOSMedia, PALEMBANG – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan mengadakan Sosialisasi Statistik Sektoral dengan …