Home / KESEHATAN / Pola Hidup Cerdik Bisa Cegah Penyakit

Pola Hidup Cerdik Bisa Cegah Penyakit

VOSMedia, PALEMBANG – Pengetahuan tentang penyakit menular dan tidak menular perlu untuk diketahui sejak dini, agar masyarakat bisa mengambil tindakan dini yakni pencegahan terhadap resiko akibat terserang penyakit.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang melalui Kasi Pencegahan dan Pengendalian PTM, Kesehatan Jiwa Kota Palembang Dedy Sandra, saat ditemui di Kantor Dinas Kesehatan Kota Palembang.

“Kalau di data kami ada bermacam- macam penyakit tidak menular yaitu ada Jantung, Hipertensi, sesuai dengan SPM jumlah nya pun meningkat,”tuturnya, Rabu (7/8/19),

“Mengenai penyakit Hipertensi saat Hari Raya Idul Adha, sebenarnya tidak berpengaruh, asal selalu kontrol ke puskesmas dan minum obat,” lanjutnya.

Melalui penjelasan Dedy, untuk pencegahan penyakit tidak menular sebetulnya ada istilah di Kemenkes itu pola hidup cerdik yaitu cek kesehatan, rajin olahraga, kemudian biar seimbang dan keluarkan stres dan dengan pola hidup cerdik itu, mudah- mudahan penyakit yang tidak menular itu dapat di tertangulangi.

Sementara itu Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Palembang, Fauziah, menambahkan untuk penyakit yang menular adalah Demam Berdarah dan HIV.

Lebih lanjut dia menjelaskan,Kalau DBD adalah penyakit yang tidak bisa di cegah, dengan cara imunisasi akan tetapi bisa di antisipasi dengan menjaga kebersihan lingkungan, karena faktor penularannya nyamuk. Mengenai Obat Herbal yang dapat digunakan dengan menanam seperti Serai wanggi dan Lavender.

“Sedangkan untuk jenis penyakit yang di cegah melalaui imunisasi adalah Campek, Hepatitis B, Dekteri, Tetanus, terus penyakit Influenza terhadap anak,”pungkasnya.(putra)

About redaktur

Check Also

DPRD Palembang Setujui RAPBD 2020

VOSMedia, PALEMBANG – Dalam Rapat Paripurna ke tiga, masa persidangan I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah …