Home / PALEMBANG / PT. SBS Kupas Enam Pilar Dalam Dunia Digital di UBD Palembang

PT. SBS Kupas Enam Pilar Dalam Dunia Digital di UBD Palembang

VOSMedia, PALEMBANG – Trend teknologi revolusi Industri 4.0 yang terus berkembang sangat pesat saat ini menjadikan sumber daya manusia (SDM) harus siap menghadapi tantangan menuju era ekonomi digital. Bersinergi dengan hal itu Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Darma (UBD) Palembang terus melakukan persiapan bagi bekal SDM nantinya, salah satunya menggelar seminar Bina Darma Conference On Computer Science (BDCCS) dengan tema ‘Towards Competent Human Resources Through  The Empowerment of Data Science in The Digital Economy’, dengan menggandeng praktisi industri PT. Satria Bahana Sarana (SBS) dan Tokopedia.

Peserta yang terdiri dari mahasiswa/i UBD dikatakan Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Darma Palembang, Dedy Syamsuar, M.I.T.,Ph.D., diharapkan mampu menyiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja, dan kegiatan seminar yang diadakan pihaknya tersebut, sengaja mengundang semua narasumber dari dunia industri karena pihak ingin mengenalkan hal lebih banyak terkait masalah industri

“Disini saya sangat mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang rela menyempatkan waktunya diatas kesibukan yang mereka jalani. Terima kasih kepada bapak Ahmad Isnaini Sugiarta, M. Kom Supervisor MIS PT. Satria Bahana Sarana serta bapak Rafido Alvano Wijaya, S.Kom dari Tokopedia,” ungkap Dedy, di UBD Palembang, Kamis (26/9/19).

Tokopedia City Manager RGX Palembang, Rafido Alvano Wijaya, Selaku narasumber, menjelaskan kepada para peserta bahwa bisnis di era digital merupakan suatu hal yang menyenangkan.

“Apalagi saat ini sudah zaman Internet of Things (IoT). Temen-temen mahasiswa juga dapat menjadikan peluang di era digital untuk berbisnis menggunakan Tokopedia,” paparnya.

Sementara itu, selaku narasumber ke dua, yaitu Supervisor Management Information System PT. Satria Bahana Sarana, Ahmad Isnaini Sugiarta, M.Kom juga mengutarakan bawa ada enam pilar di dalam dunia digital saat ini.

“Ada enam pilar di dalam dunia digital pada saat ini, yaitu Super Apps, Broadband Network, Cloud Computing, Big Data, Artificial Intellegence dan Internet Of Things (IoT). Kondisi teknologi IoT memunculkan #MO,” katanya.

Pria yang akrab yang disapa Ais tersebut juga mengatakatan, #Mobilisasi dan Orkestrasi (#MO) telah membawa perubahan dalam berbagai hal, mulai dari leadership,  marketing, komunikasi publik dan lainnya.

“Sebagai contoh, penggunaan tagar pada sosial media untuk mengiring opini publik, tinggal tergantung pemanfaatanya, apakah untuk sisi positif atau negatif. Temen-temen mahasiswa harus lebih bijak dan logis menggunakannya, karena temen-temen saat terjun ke masyarakat merupakan Agen Of Change (AOC) UBD yang mengamalkan Tridarma Perguruan Tinggi,” tutup Ais yang juga merupakan Alumni UBD Palembang.

Diketahui, hadir dalam seminar tersebut berjumlah 309 peserta yang terdiri dari 218 peserta Jurusan Sistem Informasi dan 91 Jurusan Teknik Informatika. Semua peserta merupakan calon wisudawan/i yang diberikan pembekalan melalui seminar bagaimana peluang kerja sebagai data scientist dalam dunia industri ekonomi digital. Hadir juga dalam kesempatan tersebut dosen-dosen ilmu komputer UBD.(*)

About redaktur

Check Also

Wabup Muratara resmi tutup MTQ ke-IX di Muratara, Camat Rawas Ilir Ketiban Durian Runtuh.

VOSMEDIA.CO.ID_MURATARA – Pada acara penutupan MTQ ke-9 di halaman kantor bupati di Muara Rupit, Jumat …