Home / EKONOMI / Rencana Pemkot Palembang Kurangi Beban Sampah

Rencana Pemkot Palembang Kurangi Beban Sampah

VOSMedia,PALEMBANG- Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menggelar Rapat mengenai rencana pembuatan tempat pembuangan sampah atau Bank Sampah terpadu di setiap Kelurahan yang ada di Kota Palembang.

Wakil WaliKota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda mengatakan rencana pembuatan Bank Sampah terpadu ini mengingat beban sampah di Kota Palembang yang setiap hari bisa mencapai 1400 Ton dan diharapkan apabila bank sampah itu terealisasi, di setiap kelurahan bisa mengelola sampahnya sendiri dan itu setidaknya bakal mengurangi beban sampah yang mesti di angkut di Tempat Pengbuangan Akhir (TPA).

“Kalau sampah menumpuk langsung dikelola, bisa dijadikan pupuk dicacah menjadi biji plastik, minyak premium, solar, minyak tanah,”ungkapnya, diruang rapat ll Setda Kota Palembang, rabu (12/6/19).

Metode ini dijelaskan Fitri, sangat pas untuk membangkitkan semangat masyarakat dalam mengelola sampah dengan baik dan memiliki nilai ekonomis, tidak menimbulkan polusi dan pencemaran udara.

Secepatnya segala proses sedang dijalankan oleh pihaknya, mekanisme nya juga sudah dipersiapkan, seperti sosialisasi, Pengkajian Perda Mengenai hal itu, jadi masyarakat tidak kaget lagi saat tempat pembuang sampah dibangun dan dikelola dengan baik.

Pihaknya merencanakan 19 titik lokasi yang bakal dibangun Bank Sampah tersebut Selain Kalidoni dan juga melibatkan pemerintah provinsi Sumsel untuk permasalahan lahannya, karena ada sebagian lahan tersebut milik Pemprov Sumsel.

“Kita targetkan secepatnya Bank Sampah ini agar bisa terealisasi,”tutupnya.(putra)

About redaktur

Check Also

dorong SK LP2B agar lebih kongkrit, DPRD Muratara berkunjung ke Dinas Pertanian Pangan dan Hortikultura Provinsi

VOSMEDIA.CO.ID_MURATARA – Wilayah geografis Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) merupakan tempat strategis untuk pertanian yang …