Home / EKONOMI / Resmi Jabat Struktural APKASI, Ini Kata Bupati Muratara
Pengukuhan dewan pengurus APKASI oleh Mendagri Tito Karnavian. (Poto/Ist) 

Resmi Jabat Struktural APKASI, Ini Kata Bupati Muratara

VOSMEDIA.CO.ID_BALI – Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) H. Devi Suhartoni (HDS) menghadiri Pengukuhan Dewan Pengurus APKASI masa bhakti 2021-2026 dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIII APKASI Tahun 2021.

Pengukuhan tersebut berlangsung di Ballroom Nusa Dua Convention Center Nusa Dua Bali, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Sabtu (19-6-2021).

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang juga Ketua Dewan Penasehat APKASI.

Dalam arahannya, Tito menuturkan agar APKASI dapat menyerap aspirasi di daerah dan menjembatani dengan pemerintah pusat.

Menurutnya, daya dorong APKASI akan lebih kuat kepada pemerintah pusat ketimbang harus bergerak sendiri sendiri.

“Saya berharap APKASI dapat menjadi jembatan antara pusat dan daerah. Daya dongkrak dalam menyampaikan aspirasi daerah melalui APKASI akan lebih kuat, dibandingkan bergerak sendiri sendiri,” tuturnya.

Ia berharap agar APKASI dapat memahami kebijakan pemerintah pusat, dan menerjemahkannya di daerah daerah. Sehingga terjadi timbal balik antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang lebih baik.

Ketua Umum APKSI, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyebutkan, penyusunan pengurus APKASI ini berdasarkan kebutuhan organisasi dan dalam rangka mendukung program-program pemerintah.

Ada 114 bupati yang masuk dalam dewan pengurus APKASI periode ini. Terdiri dari Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum 6 orang, Sekjen Wasekjen 6 orang, Bendahara Umum dan Wakil Bendahara Umum 6 orang, Ketua-ketua dan sekretaris bidang sebanyak 30 bidang dan Koordinator Wilayah di 34 daerah.

 

Pengukuhan dewan pengurus APKASI oleh Mendagri Tito Karnavian. (Poto/Ist) 
Pengukuhan dewan pengurus APKASI oleh Mendagri Tito Karnavian. (Poto/Ist)

“Dalam penyusunan pengurus APKASI periode 2021-2026 ini dilakukan dengan memperhatikan dan mengakomodir berbagai kepentingan, seperti dari sisi keterwakilan daerah, kepala daerah senior, junior, dan keterwakilan unsur gender,” tutur Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat ini.

Dikatakan Sutan, salah satu tugas penting APKSI saat adalah membantu pemerintah pusat dalam penanganan Covid-19 salah satunya mendorong percepatan program vaksinasi. Dan APKASI akan terus mendorong dan mengawasi proses Vaksinasi.

Selain fokus pada penanganan Covid-19, Sutan Riska juga mengajak seluruh pengurus untuk bisa mewujudkan cita-cita APKASI, mensejahterakan masyarakat dengan berkolaborasi dan bersinergi pemerintah pusat untuk membangun bangsa Indonesia.

“Rekan-rekan pengurus kami berharap sebagai pengurus kita lebih proaktif meluangkan waktu dan pikiran untuk mengawal pelaksanaan otonomi daerah sehingga akan segera terwujud keadilan dan kesejahteraan masyarakat di daerah kita masing-masing,” harapnya.

Sementara Bupati Muratara H. Devi Suhartoni (HDS) dalam APKASI menduduki posisi Wasekjed.

Dalam Keterang tertulisnya HDS menyatakan, akan terus berpartisifasi dan aktif dalam APKASI, memeberi pemikiran untuk kemajuan semua daerah.Terkhusus memperkenalkan Muratara dikanca Nasional.

“Saya senang banyak anak – anak muda menjadi pemimpin di Kabupaten-kabupaten lain dan mereka sangat cerdas dan mumpuni mereka kelak akan menjadi salah satu pemimpin di negeri ini,” tutup HDS yang juga Kader Idiologis PDI Perjuangan ini.

 

(Red)

About admin

Check Also

Muratara

Forum CSR Muratara Salurkan Bantuan Tahap II, Ini Kata Wabup

VOSMEDIA.CO.ID_MURATARA – Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Rawas Utara menerima bantuan satu ton beras dari perusahaan-perusahaan …