Home / EKONOMI / Sepanjang 2019 Inflasi Sumsel capai 1,67 Persen

Sepanjang 2019 Inflasi Sumsel capai 1,67 Persen

VOSMedia, PALEMBANG – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Selatan (Sumsel) Endang Triwahyu Ningsih, mengatakan BPS Sumsel mencatat Inflasi kumulatif Provinsi Sumsel sepanjang tahun 2019 sampai dengan hari ini mencapai 1,67 persen.

Dikatakan Endang, Inflasi Sumsel tersebut lebih didominasi oleh dua daerah yakni kota Palembang, dan Kota Lubuk Linggau. “Dua daerah ini selalu menjadi penggerak utama inflasi di Sumsel,” terang Endang saat di temui, kamis (5/12/19).

Lanjutnya, Komuditas yang dominan mempengaruhi inflasi di Sumsel masih di pegang oleh bawang merah, sepeda motor, emas, perhiasan, dan rokok kretek.

“Komoditas ini sangat mempengaruhi inflasi, karena harganya yang selalu naik, bahkan setiap bulannya,” kata Endang.

Bahkan, di bulan November kemarin, di tambahkan Endang, Inflasi Sumsel sebesar 0,27 persen, Inflasi di bulan November ini juga masih di dominasi dua daerah Palembang dan Lubuk Linggau.

“Inflasi di kota Palembang untuk Bulan November sebesar 0,30 persen. Berdasarkan Survei Harga Konsumen yang dilakukan menunjukan adanya kenaikan khusus pada bahan makanan. Dimana kenaikan tersebut memberikan andil bagi Inflasi kota Palembang sebesar 0,17 persen,” tukasnya.(yn)

About redaktur

Check Also

Fraksi PKB Menanggapi Jika Memungkinkan Pemerintah Kota Palembang Segera Melakukan PSBB

  VOSMedia,PALEMBANG- Ditengah maraknya covid – 19 atau virus corona, menanggapi hal ini Harya Prathysta.E.P, …