Home / EKONOMI / Sidak Pasar Plaju, Fitri Temukan Produk Mengandung Zat Berbahaya

Sidak Pasar Plaju, Fitri Temukan Produk Mengandung Zat Berbahaya

VOSMedia, PALEMBANG – Sejumlah produk pangan yang mengandung zat berbahaya kembali ditemukan di Pasar Modern Plaju Palembang, saat Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Modern tersebut.

Finda mengatakan selain menemukan bahan makanan yang mengandung formalin, pada sidak ini juga ditemukan oleh BBPOM, produk minuman yang mengandung Rhodamin B (pewarna tekstil). Produk tersebut juga sudah ditarik seluruhnya dari pedagang.

“Ada beberapa temuan dari BBPOM, salah satunya mie yang mengandung formalin. Sidak akan dilakukan ke sejumlah pasar lainnya, sehingga masyarakat Palembang merasa aman untuk berbelanja di pasar modern serta pasar beduk,” ujarnya, Selasa (14/5/19).

Pada sidak tersebut diketahui ada kenaikan harga pada sejumlah produk pangan namun kenaikannya tidak terlalu signifikan, Finda berharap meski harganya naik, namun jangan terlalu jauh dari harga yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Saya himbau kepada seluruh pedagang untuk menjual bahan makanan yang layak dan tidak mengandung bahan berbahaya,”harapnya.

Sementara itu Kabid Penindakan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BB POM) Palembang, Tedy Wirawan mengaku, pihaknya menemukan lima sampel yang mengandung boraks dan formalin. pihaknya juga sudah melakukan penarikan bahan mengandung zat berbahaya tersebut.

“Kami sudah mengantongi nama produsennya dari keterangan pedagang. Bila nanti setelah ditelusuri diketahui produsen ini sudah berulang melakukan hal yang sama maka akan dilakukan upaya penindakan,”terangnya (fly/rill).

About redaktur

Check Also

Lagi, ACT Sumsel Distribusikan Ratusan Ribu Liter Air Bersih Untuk Atasi Kekeringan

VOSMedia, PALEMBANG – Berdasarkan informasi yang diperoleh dari BMKG, musim kemarau tahun 2019 menyebabkan kekeringan …