Home / SOSIAL / Suasana Tak Biasa Di Tepian Sungai Ogan

Suasana Tak Biasa Di Tepian Sungai Ogan

VOSMedia,OGAN ILIR – Aksi Cepat Tanggap (ACT Sumsel) kembali melayarkan Kapal Kemanusiaan untuk warga Sumsel, kali ini Kapal tersebut dilayarkan untuk menghantarkan Paket Hadiah Lebaran ke Desa Pipa Putih, Pemulutan, Ogan Ilir.

Sebanyak 20 Paket Hadiah Lebaran yang dibawa hari ini, merupakan hadiah istimewa dari PT Pelindo II yang diamanahkan melalui ACT Sumsel. Melalui Kapal Kemanusiaan, paket tersebut dibawa ACT bersama tim relawan dari Komunitas Gemar Berbagi (KGB) dan Komunitas Gojek Grab Jakabaring (Garing) menuju pesisir Sungai Ogan, yang membelah dua Kabupaten yaitu Kabupaten Banyuasin dan Ogan Ilir.

Sesampainya di lokasi, rombongan Tim ACT disambut hangat oleh masyarakat di pesisir sungai Ogan, yang sudah melihat dari tepian Sungai kapal ACT yang bertuliskan “Distribusi Paket Hadiah Lebaran”.

“Salah satu Program dari ACT Sumsel adalah paket Bingkisan Lebaran untuk kaum dhuafa yang berada di pelosok tepian negeri, yang jarang tersentuh bantuan bahkan perhatian. Program ini sebagai bentuk Ikhtiar terbaik kita dalam membahagiakan saudara dhuafa yang ada di Sumsel, khususnya untuk menyambut hari kemenangan nanti”, sahut Ardianta yang merupakan tim Partnership ACT, Minggu (02/6/19).

Selain menyalurkan bantuan, Tim ACT beserta rombongan relawan juga bercengkrama dengan masyarakat sekitar, sembari mempelajari pola kehidupan masyarakat pesisir sungai Ogan di desa Pipa Putih tepatnya.

Salah satu tim relawan yang merupakan Ketua dari Komunitas Garing Fa’is, mengungkapkan kebahagiaannya karena bisa ikut serta dalam program kemanusiaan ini.”Kami sangat senang sekali bisa turut membahagiakan dan berbagi dengan masyarakat tepian sungai Ogan hari ini, bagi kami ACT Sumsel sudah seperti Keluarga, jadi apapun kegiatan ACT tentu akan kami support,” ujarnya.

Pesisir Sungai Ogan merupakan wilayah di pesisir yang jarang sekali terekspose, selain menyimpan potensi perekonomian dan pesona alam yang cukup menarik, juga masih terdapat banyak masyarakat yang dapat dikatakan berada di bawah garis kemiskinan dan jarang tersentuh bantuan. Mayoritas penghasilan masyarakat pesisir sungai Ogan, desa Pasir Putih berasal dari aktifitas sebagai nelayan, petani, dan buruh harian.

Samsudin (37) yang biasa disapa Wak Din salah seorang warga pesisir sungai Ogan yang turut mendapatkan Paket Hadiah Lebaran, mengaku sangat bahagia apa yang telah diberikan oleh PT.Pelindo II dan ACT Sumsel dan berharap kedepannya bantuan – bantuan pengingkatan ekonomi seperti pelatihan dan modal usaha juga bisa mampir ke desanya ini.

“Kami disini jika dikatakan masyarakat kurang mampu, hampir semuanya layak mendapatkan bantuan,”harap Wak Din.(Hn)

Melalui program-program kemanusiaan yang digagas, ACT Sumsel siap berkolaborasi bersama untuk memberikan yang terbaik bagi saudara yang membutuhkan di seluruh penjuru daerah, guna mengantarkan amanah dari para donatur, ACT juga membuka kesempatan berdonasi untuk program kemanusiaan melalui rekening BNI Syariah ( 66 0000 5505) a.n Aksi Cepat Tanggap, atau bisa menghubungi careline di (0711-5733218).

About redaktur

Check Also

BPPD Palembang Berikan Pelayanan Permasalahan Penyesuaian PBB

VOSMedia, PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang Melalui Badan Pengelolaan Pajak Daerah (BPPD) Kota Palembang …