Home / KESEHATAN / Sumsel Masuk Musim Kemarau, Beberapa Hal Ini Bisa Dilakukan Untuk Kulit

Sumsel Masuk Musim Kemarau, Beberapa Hal Ini Bisa Dilakukan Untuk Kulit

VOSMedia, PALEMBANG – Musim Kemarau yang biasa juga disebut musim kering, adalah musim di daerah tropis karena dipengaruhi oleh sistem Muson.

Seperti dilansir di Globalplanet.news, Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Bambang Benny Setiaji, mengatakan Sumatera Selatan (Sumsel) telah memasuki musim kemarau, namun potensi suhu masih dalam kategori normal dan tidak terlalu panas

“Normalnya suhu tertinggi sekitar 35 derajat celcius dan tidak pernah lebih tinggi dari itu, biasanya rata-rata suhu 27 – 28 derajat celcius,” ujar, Rabu (8/5/2019).

Meski dalam prediksi suhu yang masih dalam taraf normal, ada baiknya kita mempersiapkan segala hal untuk melindungi kulit kita dengan maksimal agar tidak menimbulkan efek negatif pada kulit, akibat panas sinar matahari debu dan kotoran yang lebih banyak di musim kemarau.

Berikut beberapa efek negatif pada kulit yang bisa terjadi saat musim kemarau, seperti Jerawat, Tinea Alba atau timbulnya bercak putih ada wajah, Hiperpigmentasi yang mengganggu keindahan kulit, perubahan tekstur kulit dan penuaan dini atau photoaging process.

Perawatan dan perlindungan kulit secara intensif dirasa perlu kita lakukan agar paparan sinar matahari yang berlebihan di musim kemarau tidak mengganggu kesehatan dan kecantikan kulit, seperti hal berikut :

Bersihkan kulit Anda
Banyaknya produksi minyak dan keringat ditambah debu yang menempel membuat kulit kotor. Untuk itu kulit harus dibersihkan secara rutin, bisa menggunakan pembersih khusus atau sabun yang cocok untuk kulit anda, karena kulit bersih adalah kunci dari kesehatan kulit, dan jangan lupa menggunakan pelembab atau toner sehabis mencuci wajah agar wajah terlihat lebih segar dan terjaga kelembabannya.

Menggunakan Sunblock, Serum, Cream dan Vitamin
Ada baiknya apabila menggunakan  Sunblock, dianjurkan memilih Sunblock dengan SPF – 30 Keatas khusus untuk daerah tropis.Sedangkan penggunaan serum dan Cream sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter untuk jenis kulit dan produk apa yang cocok di pasaran.

Air Putih
Minumlah air putih sebanyak mungkin, atau setidaknya dua liter setiap harinya, karena air putih adalah solusi dalam berbagai kondisi, termasuk untuk perlindungan kulit di saat musim kemarau.

Asupan Gizi
Konsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin, mineral dan berbagai sumber antioksidan sangat dianjurkan, karena hal ini untuk mengurangi radikal bebas yang semakin banyak di musim kemarau.(*)

About redaktur

Check Also

Bupati Muratara Intruksikan semua jajaran untuk gerak cepat dan tanggap dalam penanganan Banjir di Muratara

VOSMEDIA.CO.ID_MURATARA – Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) gerak cepat dan tanggap dalam penanganan Banjir …