Home / EKONOMI / Sumsel Mulai Rintis Pasar Berlabel SNI

Sumsel Mulai Rintis Pasar Berlabel SNI

VOSMedia, PALEMBANG – Badan Standarisasi Nasional (BSN) bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Prov. Sumsel melakukan kegiatan Sosialisasi Standar Nasional Indonesia (SNI), yang bertujuan menjadikan pasar di Sumsel menjadi pasar Standar Nasional Indonesia (SNI) yang siap ikut berlomba menuju tingkat Nasional.

Kepala Dinas Perdagangan Sumatera Selatan Yustianus menjelaskan kegiatan Sosialisaisi Pasar Standar Nasional Indonesia(SNI) untuk memberikan arahan kepada pedagang atau pelaku usaha tentang persyaratan untuk pengajuan Label SNI pada merk dagang dan bagaimana memanajemen pasar yang baik.

“Untuk kriteria Pasar SNI yaitu rapih, aman, bersih, sehingga dengan SNI ini nanti orang akan menikmati walaupun Pasar Tradisional tapi seperti modern,”terangnya, di Ruang Rapat Dinas Perdagangan Prov.Sumsel Jl.Demang Lebar Daun Palembang,Rabu(10/7/19).

Lebih lanjut dia menuturkan kalau untuk kondisi yang ada sekarang dirasa kurang nyaman.Akan tetapi dengan SNI ini mudahan-mudahan bisa tahu manfaatnya karena memang tidak mudah untuk mewujudkan Pasar SNI, kalau tidak dimulai dari sekarang.

“Harapan kita tahun 2020 ada minimal 2 pasar yang mewakili Sumsel untuk dilombakan ketingkat Nasional,”ungkapnya.

Sebagai Pasar SNI berpengalaman tahun 2019 kemarin, Yustianus menambahkan ada salah satu yang ber SNI juara1 yaitu Pasar Paya Kumbuh di Padang.Yang diakui Presiden dan langsung ditambah 50 Milyar dana perbaikan secara spontanitas, dipertemuan Rapat Kerja Kementrian Perdagangan saat itu, sedangkan untuk Sumsel sendiri baru saja dirintis, harapan kedepan Sumsel juga ada dan minimal meraih juara 2.

“Dalam rapat ini, kita mengundang Kepala Pasar, Dinas Perdagangan Kabupaten Kota Se Sumsel, setelah Sosialisasi ini Juga BSN akan membimbing pasar-pasar kita ini,”tutupnya.(putra)

About redaktur

Check Also

Bertani Ala Millenial

VOSMedia, PALEMBANG – Jarai Coffee bersama gerakan Aku Petani Indonesia & Rumah Millenials berkolaborasi mengadakan …