Home / OPINI / Tanggapan Tokoh Pemuda Banyuasin Tentang Isu BATIM

Tanggapan Tokoh Pemuda Banyuasin Tentang Isu BATIM

VOSMedia, BANYUASIN – Menyikapi tentang adanya Isu Pemekaran Kabupaten Banyuasin Timur (BATIM) Sumatera Selatan, salah satu Tokoh Pemuda Banyuasin menilai, walau proses pemekaran itu bakal menelan banyak anggaran, namun nantinya akan memberikan banyak manfaat untuk masyarakat.

Seperti hal yang diungkapkan oleh Tokoh Pemuda Banyuasin Panji Gribaldi, yang mengatakan bahwa pemekaran itu akan berdampak pada pemerataan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, ekonomi, layanan publik dan memberi kemudahan – kemudahan untuk masyarakat yang berada di daerah pinggiran seperti daerah perairan yang ada di ujung Banyuasin.

“Proses pemekaran ini sudah, seperti diketahui sudah berjalan 2 kali yang diusulkan oleh Presedium Pemekaran Banyuasin Timur, Pakde Slamet,¬†namun belum mendapatkan persetujuan dari DPRD Banyuasin,” ungkapnya, Sabtu (20/7/19).

Lanjutnya, Banyuasin sudah layak untuk dimekarkan, mengingat luasnya daerah Banyuasin sehingga membuat masyarakat terutama di daerah perairan untuk melakukan proses administrasi di Kabupaten Banyuasin memakan waktu yang lama, jadi dengan adanya pemekaran ini bisa mempersingkat waktu untuk melakukan hal itu.

Calon Kabupaten Banyuasin Timur memiliki potensi besar, karena daerahnya sebagian besar merupakan daerah irigasi rawa kurang lebih 600 ribu Ha, potensi perkebunan kelapa, perikanan dan lainnya.

“Namun tantangan dari pemekaran ini adalah pembangunan dimana nantinya akan memakan biaya cukup besar, karena wilayah yang luas dan kondisi tanah rawa lunak menjadikan infrastruktur menjadi lebih mahal, kemudian sumber air baku untuk air minum yang tidak ada, akan menyebabkan membengkaknya biaya operasional PDAM,” terangnya

Artinya Secara umum apa yang disampaikan Pemateri-pemateri Pada acara FGD HIMBA waktu itu, daerah Banyuasin memang sudah layak mekar demi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Banyuasin yang berada di daerah Pinggiran Banyuasin itu sendiri.

“Pemekaran Banyuasin ini sendiri tidak semudah membalikkan telapak tangan, harus di support penuh seluruh elemen masyarakat, Bersatu dan mendukung Pemekaran Banyuasin Timur ini,” tutupnya.(*)

About redaktur

Check Also

Tanpa Ego Mungkin Kita Temukan Sriwijaya

Oleh : Faldy Lonardo Istilah Melayu semenjak ditafsirkan oleh UNESCO pada tahun 1972 sebagai suatu …