Home / PALEMBANG / Trigonomaster? Alat Apa Itu

Trigonomaster? Alat Apa Itu

VOSMedia,PALEMBANG – Ide kreatif dua mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, yakni Ismi Sukma Juniar dan Lely Marlina, patut diacungi dua jempol, pasalnya dari ide kreatifnya itu, duo mahasiswi ini mampu membuat, alat peraga yang difungsikan sebagai alat bantu untuk mempermudah proses belajar mengajar dalam mata pelajaran matematika, alat itu dinamai Trigonomaster.

Menurut penjelasan Ismi Sukma Juniar, secara khusus alat peraga trigonomaster dapat mempermudah siswa mencari atau menentukan sudut-sudut trigonometri.

“Siswa terkadang kesulitan untuk menentukan sudut Sin,Cos dan Tan maka itu kami membuat alat ini untuk mempermudah,” ujarnya, saat dibincangi, Sabtu (6/4/19)

Lebih lanjut dijelaskannya alat berukuran 70-80 sentimeter ini sangat mudah digunakan, karena siswa cukup dengan memutarkan tali ke nilai sudut yang dimaksud sehingga akan mendapat nilai yang diinginkan.

“Menggunakannya mudah sekali jadi bisa menentukan berbagai nilai, berbagai sudut,” imbuhnya.

Penggunaan trigonomaster, dikatakan Ismi juga, lebih efektif dibandingkan menggunakan tabel trigonometri. Hal tersebut disebabkan trigonomaster bisa mencapai semua sudut.

“Perbedaanya kalau di tabel hanya bisa sudut-sudut tertentu seperti 0,30,45,60,90. Sedangkan yang kami buat sudut 0-360,” ungkapnya.

Sementara itu menurut rekannya, Lely Marlina mata pelajaran trigonometri dalam matematika termasuk salah satu pelajaran yang wajib dikuasai oleh siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).Dengan adanya trigonomaster diharapkan siswa lebih bersemangat belajar karena sudah dipermudah cara menentukan nilai sudut.

“Kami buat agar siswa lebih semangat jadi tidak ada alasan lagi tidak suka pelajaran ini,” terangnya.

About redaktur

Check Also

Wabup Muratara resmi tutup MTQ ke-IX di Muratara, Camat Rawas Ilir Ketiban Durian Runtuh.

VOSMEDIA.CO.ID_MURATARA – Pada acara penutupan MTQ ke-9 di halaman kantor bupati di Muara Rupit, Jumat …