Home / KESEHATAN / Melalui #BeatDiabetes, Tropicana Slim Ajak Masyarakat Lawan Hoaks Kesehatan

Melalui #BeatDiabetes, Tropicana Slim Ajak Masyarakat Lawan Hoaks Kesehatan

VOSMedia, – JAKARTA : Bertempat di Lapangan Banteng, Jakarta dalam rangka memperingati Hari Diabetes Nasional yang jatuh pada tanggal 12 Juli setiap tahunya, Tropicana Slim mengajak masyarakat Indonesia tingkatkan kepedulian untuk mencegah dan melawan hoaks kesehatan, khususnya terkait diabetes melalui kampanye #BeatDiabetes. Sebagai brand yang sudah lebih dari 40 tahun konsisten menginspirasi masyarakat Indonesia hidup sehat melalui serangkaian produk bercita rasa tinggi, tahun ini Tropicana Slim mengadakan #BeatDiabetes sebagai wujud komitmennya mengedukasi masyarakat Indonesia agar semakin cerdas dalam memilih informasi yang benar terkait kesehatan, termasuk informasi tentang diabetes. Selain melakukan edukasi kesehatan seputar pembatasan asupan gula dan pencegahan diabetes, Tropicana Slim juga mengajak masyarakat ikut peduli cegah diabetes sejak dini melalui kegiatan cek gula darah, senam bersama, serta festival makanan minuman sehat.

Untuk melawan hoaks terkait kesehatan, tentunya diperlukan kolaborasi berbagai pihak. Dalam kesempatan ini, Tropicana Slim berkolaborasi dengan Rumah Sakit, praktisi kesehatan, restaurant/café, retailer, komunitas kesehatan, serta masyarakat publik. Acara ini melibatkan kurang lebih 20.000 peserta dari berbagai penjuru Tanah Air dan diadakan serentak di 33 kota di Indonesia pada minggu (14/7), yang meliputi Jakarta, Tangerang, Bogor, Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Purwokerto, Jogja, Surabaya, Malang, Kediri, Medan, Padang, Pematangsiantar, Palembang, Bandar Lampung, Jambi, Bengkulu, Pangkal Pinang, Samarinda, Banjarmasin, Pontianak, Palangkaraya, Makassar, Manado, Palu, Bone, Gorontalo, Denpasar, Mataram, Ambon, hingga Jayapura.

Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim mengatakan, Pesatnya perkembangan teknologi digital saat ini memungkinkan informasi tersebar begitu cepat, termasuk informasi kesehatan. Sayangnya, banyak informasi tersebut yang keliru atau biasa disebut hoaks, sehingga sangat berpotensi merugikan masyarakat. Dikutip dari Litbang Kompas, laporan Kemkominfo terbaru tentang Temuan Konten Hoaks menyatakan bahwa hoaks kesehatan menempati peringkat kedua terbanyak setelah hoaks politik, yaitu sebanyak 126 hoaks kesehatan sepanjang Agustus 2018-Februari 2019 (7 bulan). Selain itu, Dewan Pers Indonesia menyatakan bahwa 95% informasi kesehatan yang tersebar di WhatsApp adalah hoaks. Melalui kampanye #BeatDiabetes yang diadakan serentak di 33 kota hari ini, Tropicana Slim ingin mengajak masyarakat untuk semakin berhati-hati dengan informasi kesehatan yang tersebar, termasuk hoaks tentang diabetes. Kami melakukan edukasi kepada para peserta #BeatDiabetes, berkolaborasi dengan narasumber terpercaya yaitu dr. Dante Saksono, SpPD-KEMD, PhD, Kepala Divisi Metabolik-Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM untuk mengupas berbagai hoaks kesehatan yang beredar di masyarakat.”

“Selain itu, kami juga mengadakan kegiatan senam sehat bersama, untuk mengajak masyarakat beraktivitas fisik sebagai salah satu upaya hidup sehat dan mencegah diabetes. Kami juga melakukan pemeriksaan gula darah gratis kepada para peserta, sebagai bentuk deteksi dini diabetes. Pemeriksaan gula darah secara dini dan rutin penting dilakukan mengingat penyakit diabetes yang tidak memiliki gejala pada tahap awal. Harapannya, para diabetesi dapat memperoleh penanganan sedini mungkin untuk menghindari timbulnya komplikasi. Bagi mereka yang terdeteksi pre-diabetes juga dapat ditangani segera agar tidak berkembang menjadi diabetes,” tambah Noviana.

Sementara itu, menurut dr. Dante Saksono, SpPD-KEMD, PhD, Kepala Divisi Metabolik-Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, “Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2018 menunjukkan bahwa prevalensi penyandang diabetes telah naik menjadi 8,5%, dari 6,9% (Riskesdas 2013). Selain itu, menurut data terbaru dari International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2017, sebanyak 10,3 juta jiwa masyarakat Indonesia merupakan diabetesi, membuat Indonesia menduduki peringkat ke-6 dunia dengan jumlah diabetesi terbesar. Beredarnya informasi hoaks kesehatan di masyarakat, termasuk tentang diabetes, tentunya dapat memperburuk kondisi yang ada. Inilah mengapa kami mengapresiasi usaha dari Tropicana Slim untuk terus mengedukasi masyarakat agar lebih cerdas dan berhati-hati dalam menanggapi berbagai isu kesehatan yang beredar di masyarakat, salah satunya melalui acara #BeatDiabetes ini.”(*)

About redaktur

Check Also

Sekolah Diliburkan, BMKG Sumsel Menilai Langkah Itu Sudah Tepat

VOSMedia,PALEMBANG – Melihat kondisi kualitas udara di Palembang yang kian memburuk dan masuk dalam level …